Tuesday, August 9, 2016

Inilah 5 Alasan Tubuh Anda Membutuhkan Zat Besi

5 Alasan Tubuh Anda Membutuhkan Zat Besi - Zat Besi adalah mineral alami yang terkandung dalam makanan dan dapat melakukan banyak hal di dalam tubuh. Seperti membantu menjaga agar tubuh tidak mengalami anemia hingga menjaga sel – sel tubuh , rambut , kuku dan kulit. Selain itu zat besi juga berguna dalam proses metabolisme tubuh , untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta berperan dalam pembentukan hormon dan jaringan ikat.
 
Makanan Sumber Zat Besi

Inilah Beberapa Alasan Mengepa Tubuh Membutuhkan Zat Besi :


1.Kekurangan Zat Besi Bisa Menyebabkan Anemia

Untuk mendapatkan cukup oksigen maka tubuh membutuhkan sl darah merah. Sel darah merah dibentuk dari hemoglobin yang mengandung zat besi. Kekurangan sel darah merah disebut anemia defiensi (kekurangan) zat besi. Wanita dapat mengalami kekurangan zat besi saat menstruasi, yaitu darah yang keluar cukup banyak atau jangka waktu menstruasi panjang.


2.Zat Besi Dapat Membantu Proses Belajar

Zat besi dianggap dapat meningkatkan proses berpikir dan daya ingat seseorang, maka mengonsumsi zat besi dapat membantu mengatasi gangguan dalam belajar.


3.Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Kelelahan

Zat Besi adalah salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah , maka tanpa sel darah merah yang sehat tubuh akan mengalami masalah dalam mendapatkan oksigen. Dan hal ini dapat menimbulkan rasa lelah dan lemah.


4.Kekurangan zat besi bisa sebabkan rambut rontok

Konsumsi zat besi yang cukup agar dapat membantu mengatasi rambut rontok .


5.Kebutuhan Zat Besi untuk kesehatan ibu dan Janin

Kekurangan zat besi pada ibu hamil maka dapat membahayakan kesehatan bayi , seperti bayi terlahir prematur , berat badan bayi saat lahir rendah , bahkan hingga kematian bayi. Karenanya wanita membutuhkan asupan zat besi yang cukup saat hamil.

Berikut Ini Beberapa Makanan Yang Dapat Membantu Memenuhi Kebutuhan Zat Besi di tubuh :

  • Bayam
Bayam kaya akan vitamin , serat dan juga kalsium , namun bayam juga mengandung zat besi yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi dengan cara direbus atau ditumis.

  • Hati
Hati ayam atau hati sapi mengandung nutrisi. Bahkan makanan ini salah satu makanan yang kandungan zat besinya cukup tinggi. Namun selain zat besi , hati juga mengandung vitamin A, Vitamin C , Protein dan Mineral lainnya. Akan tetapi anda juga harus waspada, karena terlalu banyak mengonsumsi hati dapat meningkatkan kolestrol.

  • Tiram
Kemudian makanan yang juga dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi anda adalah hidangan laut seperti Tiram , kerang dan cumi – cumi . tiram mengandung zat besi dan beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin B12 dan zinc. Satu tiram ukuran sedang dapat memberikan hingga 5 mg zat besi. Namun selain tiram anda juga bisa mengonsumsi tuna atau salmon . 

Zat Besi Juga bisa didapatkan dari makanan lainnya seperti kacang keledai , biji wijen , biji labu , dan sereal lainnya yang diperkaya oleh zat besi .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.