Tuesday, August 9, 2016

Tanda-Tanda Kurang Darah yang Belum Tentu Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kurang Darah yang Belum Tentu Anda Ketahui - Seseorang kerap merasa lelah apabila kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh berada di bawah normal . dan hal ini disebut dengan anemia atau kurang darah . anemia yang sering terjadi adalah anemia defisiensi besi, yaitu terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang diperlukan dalam membentuk hemoglobin untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Tanda-Tanda Kurang Darah yang Belum Tentu Anda Ketahui
Tanda-Tanda Kurang Darah

Gejala umum yang dapat ditandai pada penderita anemia adalah tampak puncak dan tubuh lelah. Tubuh yang lelah ini menandakan bahwa sedang terjadi kesulitan pada darah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh . tubuh yang terasa sangat lelah ini merupakan tanda umum bahwa Anda sedang kekurangan zat besi.

Kulit akan tampak pucat karena kekurangan hemoglobin. Karena hemoglobin merupakan zat yang memberi efek kulit berwarna kemerahan. Maka apabila kekurangan hemoglobin, warna kemerahan pada kulit akan memudar dan anda akan telihat pucat. 

Namun tidak hanya kelelahan dan tampak pucat saja, tanda – tanda lainnya yang terjadi jika anda kekurangan darah adalah , sakit kepala , pusing dan jantung berdebar debar .
 

Berikut Kami Paparkan Beberapa Tanda Kurang Darag Yang Jarang Diketahui :


  • Sering mengalami infeksi
Limpa merupakan salah satu organ tubuh yang membantu memerangi infeksi. jika tubuh kekurangan sel darah merah, maka dapat mengurangi pasokan oksigen ke limpa. Oleh karenanya, limpa tidak dapat bekerja secara optimal.

Organ tubuh yang juga berhubungan dengan infeksi merupakan kelenjar getah bening. Organ ini adalah tempatnya sel darah putih sebagai tameng dalam memerangi infeksi. jika tubuh kekurangan zat besi, maka pasokan oksigen ke kelenjar getah bening menjadi tidak mencukupi, menurut seorang ahli kedokteran keluarga. Dengan begitu, meski sel darah putih tetap diproduksi, tetapi kualitasnya tidak sempurna sehingga tubuh pun lebih mudah mengalami infeksi.

  • Mengalami sindrom restless leg
Defisiensi zat besi membuat sebagian orang dapat mengalami sindrom restless leg atau kaki gelisah. Pada sindrom ini, terdapat getaran yang menjalar di kaki, semacam aliran listrik. Hal ini membuat penderita memiliki dorongan untuk terus menggerakkan kaki seperti seseorang yang sedang gelisah.

  • Mengalami rambut rontok
Rambut yang rontok sebanyak 100 helai per hari masih dianggap ke dalam kategori wajar. Namun, apabila rontoknya berlebihan dan tidak tumbuh kembali, ini ada kemungkinan Anda mengalami kekurangan zat besi.
Ketika tubuh kekurangan zat besi,maka  pasokan oksigen ke folikel rambut tidak mencukupi kebutuhan yang ideal, menurut seorang ahli kedokteran keluarga. Dengan begitu, rambut menjadi rontok dan bisa berhenti tumbuh.namun anda tidak perlu khawatir, karena ketika zat besi sudah tercukupi dan Anda terbebas dari anemia, biasanya rambut dapat tumbuh kembali.

  • Lidah menjadi bengkak
Saat Kekurangan Darah maka organ – organ di seluruh tubuh kemungkinan besar akan mengalami kekurangan oksigen. Dan menurut seorang ahli kodokteran keluarga, kondisi ini dapat membuat hampir semua bagian tubuh mengalami pembesaran, dan termasuk otot lidah. Apabila hal ini terjadi , maka lidah akan membengkak dan terasa sakit. Kurang darah akibat kekurangan zat besi juga dapat menimbulkan retak-retak pada bagian mulut.

Penuhilah kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi,  agar anda tidak mengalami kurang darah. Baca Makanan Yang Dapat Membantu Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.