Wednesday, August 17, 2016

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi - Pilek merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas, penyakit ini biasanya didierita oleh anak- anak. Biasanya virus ini hanya bertahan sekitar seminggu , namun pilek tetap akan membuat sebagian anak merasa sangat menderita. Pada umumnya anak yang terkenal pilek disertai dengan batuk. 

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi
Bayi Pilek dan Batuk


Ada lebih dari 200 jenis virus berbeda yang dapat menyebabkan pilek, akan tetapi penyebab utama adalah rhinovirus. 

Berikut Beberapa Gejala Pilek Pada Anak 


  • Hidung berlendir dan mengeluarkan air
  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Lelah atau tampak kepayahan
  • Demam (kadang-kadang)


Gejala pilek yang paling umum pada anak – anak adalah radang tenggorokan dan batuk. Selain itu, terkadang anak yang pilek juga menunjukkan gejala lain, seperti diare dan muntah.biasanya Pada tahap awal terserang pilek, anak akan mengeluh sakit kepala dan hidung tersumbat. Lalu setelah beberapa waktu, sekresi lendir dari sinus akan meningkat dan berubah menjadi lebih gelap dan lebih tebal (kental). Ini memungkinkan anak mengalami batuk ringan dan akan berlangsung selama beberapa hari.

Berikut kami Paparka beberapa cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi 


1. Lakukan inhalasi (penguapan)
Caranya yaitu dengan menyiapkan air panas ke dalam wadah lalu campurkan dengan minyak telon , kemudian letakkan uap air panas yang telah di teteskan minyak telon di dekat bayi supaya bayi bisa menghirup uap tersebut. Cara ini cukup aman dan juga efektif untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat.

2. Lakukan pemijatan
Kemudian langkah kedua yang bisa bunda lakukan adalah dengan memijat hidung bayi dengan lembut, gunakan juga minyak telon untuk membantu proses pemijatan.Pijatlah dengan lembut hingga lendir di hidung bayi keluar. Lalu bersihkan lendir dia area bayi dengan sangat hati – hati.

3. Berikan bayi kehangatan
Jika bayi anda sedang dalam keadaan pilek sebaiknya hindari dari penggunaan AC atau pendingin ruangan , hal ini bisa membuat pilek pada bayi semakin parah. Akan tetapi berilah bayi kehangatan, dengan cara memandikannya dengan air hangat, lalu jemur bayi pada pagi hari di bawah sinar matahari. 

4. Miringkan badan bayi ketika tidur
Apabila hidung bayi yang tersumbat sebelah kiri , cobalah untuk miringkan posisi tidurnya ke sebelah kanan , begitu juga sebaliknya.usakan agar posisi kepala ayi lebih tinggi dari badannya.  Dengan memiringkan posisi tidur bayi maka dapat membantu melegakan pernafasan bayi yang sedang pilek. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.