Monday, August 15, 2016

Inilah Faktor Penyebab Autis Pada Anak

Inilah Faktor Penyebab Autis Pada Anak  - Autisme merupakan gangguan perkembangan pada anak – anak yang di tandai dengan gejala gangguan komunikasi , interaksi sosial , gangguan indriawi dan perilaku emosi. Ciri – ciri anak Autis mulai terlihat sebelum umurnya 3 tahun. 

Inilah Faktor Penyebab Autis Pada Anak
Inilah Faktor Penyebab Autis Pada Anak 


Penyebab autis belum ditemukan hingga sekarang , akan tetapi para ilmuwan berpendapat bahwa penyebab autis pada anak adalah dipicu dari beberapa faktor , salah satunya adalah genetik.


Berikut Kami Paparkan Beberapa Faktor Penyebab Autis Pada Anak 


Genetik

Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health Mengemukakakn bahwa apabila sebuah keluarga memiliki satu anak dengan autisme , maka berkemungkinan 1 hingga 20 kali lebih besar untuk melahirkan anak dengan autisme juga. Penelitian juga dilakukan pada anak kembar , dan menemukan bahwa jika salah satu dari anak kembar tersebut mengalami autis , maka kembarannya juga berisiko untuk terkena autis. Para ahli telah mengindentifikasi 20 gen yang secara umum menjadi penyebab autisme pada anak-anak. Gen tersebut merupakan gen yang berperan penting dalam perkembangan otak, pertumbuhan otak, dan cara sel-sel otak berkomunikasi.

Perkembangan otak

Pada otak memiliki area tertenti yang erat kaitannya dengan penyabab autisme. Ini termasuk serebal korteks dan cerebellum yang memiliki tanggung jawab terhadap konsentrasi otak, pergerakan tubuh serta pengaturan mood. Neurotransmiter yang tidak seimbang di otak seperti dopamin dan serotonin, maka juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab autis pada anak.

Usia orang tua

Menurut Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, mengemukakan bahwa wanita dengan usia 40 tahun memiliki risiko 50% anak dengan autisme jika dibandingkan dengan wanita yang usianya antara 20 hingga 29 tahun. 

Makin tua usia seseorang ketika memiliki anak maka semakin tinggi juga resiko autisme pada sang anak. Walaupun belum di ketahui secara pasti apakah hubungan orang tua dengan autisme yang di alami oleh anak , namun diduga penyebab terjadinya autisme pada anak adalah karena faktor mutasi gen.

Obat-obatan

Penggunaan obat – obatan saat bayi masih dalam kandungan juga bisa menjadi faktor penyebab auts pada anak – anak. Obat – obatan yang bisa memicu autis ada anak seperti valproic dan thalidomide. Thalidomide yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi gejala mual dan muntah selama kehamilan, kecemasan, serta insomnia namun generasi lama.sedangkan valproic merupakan jenis obat yang dipakai untuk orang – orang yang mengalami gangguan mood serta bipolar disorder.

Pestisida

Pestisida biasanya digunakan pada buah dan sayuran dengan tujuan agar buah dan sayuran tersebut tidak terganggu oleh hama tanaman. Namun efek samping dari pestisida dapat membahayakan kesehatan manusia. Pestisida juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab autis. Menurut laporan pestisida dapat mengganggu fungsi gen pada syaraf pusat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.