Monday, August 15, 2016

Inilah Penyebab Sering Kesemutan

Inilah Penyebab Sering Kesemutan - Biasanya setelah duduk bersila dalam waktu yang lama kita akan merasakan mati rasa atau tidak merasakan apa pun. Inilah yang dinamakan kesemutan atau menurut istilah medis disebut dengan Parestesia. Ada beragam penyebab terjadinya kesemutan , ada yang bersifat sementara dan ada juga yang berkepanjangan.

Inilah Penyebab Sering Kesemutan
Inilah Penyebab Sering Kesemutan


Penyebab Kesemutan Sementara

Penyebab Kesemutan sementara yaitu karena ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu yang lama , sehingga membuat pasokan dara ke saraf di daerah tersebut menjadi terhambat.Seringkali setelah duduk bersila dalam waktu yang lama maka kita akan merasakan kesemutan pada kaki, atau ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan makan akan merasakan kesemutan di bagian tangan tersebut. Akan tetapi kondisi ini bisa segera hilang setelah kita membebaskan area yang kesemutan tersebut dari tekanan, misalnya setelah duduk bersila kita meluruskan kaki atau melepaskan tangan yang tertindih , karena dengan begitu aliran darah akan lancar kembali. Namun , penyebab kesemutan sementara juga bisa disebabkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi , yaitu ketika anda bernafas terlalu cepat.

Selain itu , penyebab kesemutanan sementara adalah karena penyakit Raynaud, yaitu penyakit yang mempengaruhi pasokan darah ke area tertentu di dalam tubuh, seperti jari – jari tangan dan juga kaki. Penyakit Raynaud ini biasanya menyerang saat penderita stres, gelisah , atau berada di ruangan yang bersuhu dingin.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan

Kesemutan Berkepanjangan terjadi karena kondisi kesehatan, misalnya menderita penyakit diabetes, penyakit hati , stroke , gangguang ginjal , tumor otak , kanker , , ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis atau sklerosis ganda, atau CTS (carpal tunnel syndrome) atau sindrom lorong karpal, dan kompresi saraf ulnar

Mengonsumsi obat – obatan tertentu juga dapat memicu kesemutan , misalnya obat – obatan kemoterapi , yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, obat pencegah kejang, antibiotik, dan obat untuk penyakit HIV/AIDS. Selain itu ,penyebab kesemutan berkepanjangan adalah Malanutrisi atau kondisi tubuh kekurangan nutrisi penting akibat pola makan yang tidak sehat , kekurangan vitamin b12 , dan akibat mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.


Cara Meminimalisasi Kesemutan : 

  • Rutin berolahraga.
  • Menghindari terpapar racun.
  • Menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol.
  • Pola makan yang sehat.
  • Senantiasa menjaga berat badan ideal.
  • Mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada, seperti diabetes atau gagal ginjal.
  • Dan Berhenti Merokok


Kebanyakan kasus kesemutan yang terjadi bersifat sementara. Anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter jika kesemutan yang Anda alami memburuk, disertai kemunculan ruam, diiringi pusing, kejang otot atau gejala lain yang tidak biasa, menjadi lebih sering buang air kecil, timbul rasa nyeri di leher, lengan bawah dan jari, tubuh terasa lemah atau tidak bisa bergerak, dan kehilangan kesadaran.

Inilah Penyebab Sering Kesemutan - Tetapi kebanyakan kasus yang terjadi adalah kesemutan yang bersifat sementara. Namun ada juga harus waspada  jika kesemutan yang Anda alami memburuk, disertai kemunculan ruam, diiringi pusing, kejang otot atau gejala lain yang tidak biasa, menjadi lebih sering buang air kecil, timbul rasa nyeri di leher, lengan bawah dan jari, tubuh terasa lemah atau tidak bisa bergerak, dan kehilangan kesadaran. Maka disarankan untuk segera konsultasikan ke dokter.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.