Monday, March 14, 2016

11 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Secara Alami

11 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Secara Alami - Ketika ada lendir di tenggorokan seringkali akan ada gejala juga di indera lain seperti hidung menjadi tersumbut dan pendengaran pun akan terganggu dikarenakan saluran telinga ikut tersembat. memang di akui bahwa munculnya lendir di tenggorakan ini tentu akan sangat terganggu.

11 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Secara Alami
Anak Kecil Batuk

Ada beberapa Faktor yang menyebabkan munculnya lendir di tenggorokan yaitu , radang yang diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus , karena faktor debu atau cuaca, karena lingkungan yang kurang sehat , alergi makanan , asap rokok dan juga asap kendaraan.

Gejala yang dialami biasanya disertai dengan batuk, pilek, rasa gatal atau sakit di tenggorokan, pusing, maupun demam.

Cara untuk menghilangkan lendir di tenggorokan ini tidak mesti dengan pergi ke dokter atau dengan cara yang mahal , melainkan bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan cara yang alami.

Berikut ini adalah cara menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami yang bisa  Anda coba:

  • Cara yang pertama yaitu  Batuk efektif
Batuk efektif merupakan cara menghilangkan lendir di tenggorokan melalui batuk dengan teknik batuk yang benar.

Ternyata batuk efekti bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan lendir di tenggorokan , cara yang bisa anda lakukan adalah dengan , anda duduk dengan posisi yang tegak kemudian siapkan tisu ataupun wadah yang bisa digunakan untuk menampung lendir/dahak.

Pertama-tama lakukan latihan pernafasan, yaitu dengan menghirup nafas dalam-dalam melalui hidung, ditahan sebentar, kemudian dibuang perlahan melalui mulut.
Lakukan sebanyak dua kali. Kemudian pada gerakan yang ketiga, Anda menghirup nafas kembali melalui hidung, tahan sampai 3 hitungan kemudian batukkan dengan kuat 2 atau 3 kali secara berturut-turut tanpa menghirup nafas.
Pada waktu batuk tersebut, keluarkan lendir pada tisu atau wadah penampung yang telah disiapkan.

  • Cara yang Kedua yaitu Terapi uap
Cara menghilangkan lendir di tenggorokan melalui terapi uap yaitu dengan menyiapkan wadah berisi air panas. Kemudian campurkan dalam air panas tersebut beberapa tetes minyak kayu putih atau dapat juga ditambah ramuan jahe. Dekatkan muka Anda ke dalam wadah tersebut, lalu hirup uap yang keluar. Bernafaslah dengan wajar, maka secara otomatis uap yang bercampur minyak kayu putih atau ramuan jahe tersebut akan meresap ke tenggorokan dan hidung sehingga dapat menghilangkan lendir dan melegakan pernafasan Anda.

Cara yang Ketiga yaitu  Ramuan jeruk nipis

Ramuan jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan lendir di tenggorokan yaitu dengan cara menyiapkan 1 buah jeruk nipis. Kemudian diperas untuk diambil airnya dan campurkan pada segelas air yang hangat. Campurkan madu sebagai pemanis, lalu minum selagi hangat. Ramuan ini efektif untuk menghilangkan lendir di tenggorokan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit termasuk melawan bakteri atau virus penyebab radang pada tenggorokan.

  •  Cara yang Keempat   Minum jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit pada saluran pernafasan, termasuk untuk mengeluarkan lendir/dahak di tenggorokan. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu siapkan dua ruas jahe, dicuci sampai bersih, digepuk sebentar supaya aromanya keluar kemudian masukkan ke dalam segelas air panas. Campurkan sedikit gula sebagai pemanis, tunggu sebentar sampai minumannya hangat lalu diminum secara teratur 2 atau 3 kali dalam sehari. Rasa jahe yang segar dan agak pedas, sangat efektif untuk melegakan tenggorokan sekaigus mengeluarkan dahaknya.

  •  Cara yang Kelima   Ramuan kunyit

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang berikutnya yaitu dengan ramuan kunyit. Kunyit juga merupakan tanaman herbal yang bersifat membunuh kuman dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan minum ramuan kunyit secara teratur dapat mengeluarkan lendir di tenggorokan dengan efektif. Cara membuatnya yaitu, siapkan beberapa ruas kunyit, dikupas, lalu dicuci sampai bersih kemudian diparut. Dari parutan tersebut lalu diperas untuk diambil airnya dan campurkan pada setengah gelas air panas. Tunggu sampai agak hangat, tambahkan madu untuk pemanis sekaligus menambah khasiat ramuan, lalu diminum.

  • Cara Yang ke enam Daun mint

Daun mint juga dikenal sebagai tanaman herbal yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan sering digunakan sebagai bahan alami ekspektoran (pengencer dahak). Cara menyajikannya sangat mudah, yaitu siapkan beberapa lembar daun mint, cuci sampai bersih, lalu masukkan pada segelas air panas. Tunggu beberapa saat, lalu minum selagi hangat.

  • Cara yang ke tujuh Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan larutan garam juga merupakan cara menghilangkan lendir di tenggorokan yaitu dengan menyiapkan segelas air hangat kemudian ditambahkan 1 sendok garam. Aduk hingga rata, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa kali.

  • Cara yang ke delapan Perbanyak asupan cairan

Untuk menghilangkan lendir di tenggorokan, dapat juga dilakukan dengan memperbanyak asupan cairan air putih. Dengan minum air putih yang banyak maka daya tahan tubuh semakin meningkat, metabolisme tubuh menjadi lancar, dan turut mengencerkan lendir/dahak di tenggorokan sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Agar terasa nyaman di tenggorokan, maka minumlah air putih dalam keadaan hangat.

  • Cara yang ke sembilan Bawang putih

Ternyata bawang putih selain menjadi salah satu bahan rempah yang digunakan untuk masakan juga bermanfaat untuk menghilangkan lendir , Pada bawang putih kaya akan kandungan zat antibiotik alami dan sangat efektif untuk membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan radang di tenggorokan. Caranya sangat mudah yaitu dengan memakan langsung beberapa siung bawang putih mentah-mentah.

  • Cara yang ke sepuluh Daun pegagan

Memang diakui bahwa daun Pegagan adalah salah satu jenis tanaman herbal yang manfaat untuk berbagai penyakit termasuk untuk saluran pernafasan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan daun pegangan ini sangat mudah yaitu dengan memetik beberapa daun pegagan kemudian masukkan ke dalam panci berisi dua gelas air.kemudian setelah itu panaskan air dan tunggu hingga airnya tinggal separuhnya atau 1 gelas . lalu saring dan ambil airnya untuk diminum dua kali sehari. 

  • Cara yang ke sebelas Perbanyak konsumsi buah

Memang diakui bahwa Buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh , dan juga untuk meningkatkan ketahanan tubuh.jika anda mengkonsumsi buah makan kuman yang menyebabkan radang tenggorokan pun akan dilawan secara alami , dengan demikian lendir/dahak pun akan hilang karena matinya kuman penyebabnya.

Nah itulah beberapa cara Alami untuk menghilangkan Lendir di Tenggorokan. silahkan anda mencoba, dan juga sebaiknya anda menjaga kesehatan tubuh atau meningkatkan ketahanan tubuh yakni dengan berolahraga. dan juga memakai masker apabila berada di tempat yang polusi udara, dan juga menghindari rokok.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.