Wednesday, March 2, 2016

Merasa nyeri saat Haid ?? Coba Redakan dengan beberapa Nutrisi ini

Sebagian besar perempuan merasakan nyeri dalam periode menstruasi. Selain lemas, pucat dan lelah, beberapa perempuan mengalami nyeri haid di daerah perut bawah. Sebenarnya saat nyeri terjadi tubuh sedang butuh nutrisi.

Merasa nyeri saat Haid ?? Coba Redakan dengan beberapa Nutrisi ini
Merasa nyeri saat Haid ?? Coba Redakan dengan beberapa Nutrisi ini


Nah, selain minum obat pereda rasa sakit, Anda juga bisa mencoba makanan-makanan enak berikut ketika nyeri haid melanda.

* Salmon

Ikan lezat beraroma khas ini mengandung omega 3 dan vitamin D yang dapat membantu mengurangi nyeri haid. Agar manfaat salmon lebih terasa, konsumsi ikan ini sebelum periode haid. Salmon juga memberi efek anti inflamasi yang dapat mengurangi kembung. Anda bisa berkreasi dengan memilih menu salmon sesuai selera.

* Bayam dan kangkung


Sayuran hijau ini pasti jadi sajian dalam menu diet anda. Kalsium yang dikandung bayam dan kangkung dapat membantu meredakan nyeri haid.

* Teh
Pilihlah teh sebagai minuman Anda selama haid dan kurangi konsumsi kafein. Kafein akan membuat Anda semakin cemas. Teh hijau dapat membantu meredakan kram dan teh peppermint dapat menenangkan sakit perut.

* Pisang

Anda tentu tahu jika seseorang sering makan pisang setelah berolahraga untuk menghentikan kram otot. Sama halnya dengan kram perut saat haid, mengonsumsi pisang selama siklus menstruasi Anda akan membantu mengurangi kram dan kembung.

* Biji wijen

Kalsium dalam biji wijen dapat mengurangi nyeri haid. Pilih menu makanan yang mengandung wijen untuk membantu Anda meredakan nyeri.

* Seledri


Menggunakan seledri dalam makanan Anda pada masa menstruasi akan menolong kita agar tidak kekurangan cairan.

* Cokelat hitam

Pastikan mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 70 % kakao. Dengan cokelat hitam yang sedikit pahit, akan membantu otot sedikit bersantai.

* Air
Jika biasanya kita hanya minum air 1,5 liter dalam sehari. Saat haid usahakan minum 2-3 liter air. Cairan sangatlah penting ketika tubuh dalam keadaan kurang baik karena haid.

* Buncis

Buncis memang sangat penuh nutrisi untuk tetap sehat selama periode haid. Selain itu, kandungan buncis juga dapat membantu kita untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan membangkitkan suasana hati yang gembira.

* Nanas
Buah nanas dapat membantu otot semakin rileks sehingga rasa sakit pada perut berkurang. Dengan nanas, kembung dapat dikurangi dan mood bisa lebih meningkat. Buah nanas dapat dimakan seperti biasa, dijus, atau dikombinasikan dengan makanan lain.


Saat periode haid, sebaiknya hindari susu, kafein, alkohol, gula, dan daging merah. Semua makanan tersebut memicu kram dan nyeri haid.

(huffingtonpost.com)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.