Saturday, March 5, 2016

Merasa Sakit Pinggang Saat Hamil Muda ? Begini Cara Mengatasinya

TribunRakyat - Pembesaran yg berlangsung di rahim di disaat ibu hamil dapat menciptakan peregangan dari otot-otot seseorang ibu yg hamil.Peregangan berjalan dimulai dari pangkal paha setelah itu pinggang dulu perut sampai sepanjang tulang punggung. Peregangan yg berjalan seperti ini sebenarnya merupakan factor yg normal-normal saja. Dikarenakan badan satu orang ibu yg hamil dalam persiapan ruang yg cukup luas dalam bertumbuhnya janin di dalam rahim. 

Merasa Sakit Pinggang Saat Hamil Muda ? Begini Cara Mengatasinya
Merasa Sakit Pinggang Saat Hamil Muda ? Begini Cara Mengatasinya
Pembesaran perut yang disebabkan karena kehamilan yang terus berkembang terkadang bisa membuat keseimbangan tubuh seseorang menjadi terganggu. Sehingga terkadang kita melihat kebiasaan ibu hamil ketika berjalan dengan mencondongkan tubuh ke arah belakang. Hal ini justru bisa membuat nyeri atau sakit di bagian pinggang. Sebaiknya cara jalan seperti ini dihindari.

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Sakit pinggang bagi ibu hamil terlebih bagi yang hamil muda sebenarnya bisa dikurangi dan diatasi. Beberapa hal yang harus diterapkan agar bisa menghindari dan mengatasi sakit pinggang saat hamil muda antara lain:
  • Apabila ibu yang hamil lebih banyak melakukan aktivitas dengan berdiri akan lebih baik untuk mengatur posisi berdiri yang tepat. Yaitu dengan posisi yang tegak, punggung lurus serta sejajar dengan bahu. Dan yang terpenting adalah jangan melengkungkan punggung ke arah belakang.
  • Hindarilah posisi berdiri yang terus menerus selama enam jam. Sebaiknya ada sesi istirahat dengan duduk atau berbaring.
  • Apabila duduk, usahakan tulang punggung anda posisikan sejajar dengan sandaran tempat duduk atau kursi anda. Serta kaki menapak di lantai agar posisi anda nyaman.
  • Lakukanlah relaksasi otot ringan untuk otot leher, punggung, pinggang yaitu dengan manarik nafas panjang kemudian dihembuskan perlahan-lahan lewat mulut. Cara ini bisa dilakukan ketika rasa sakit di pinggang muncul.
  • Ibu hamil yang ingin mengambil sesuatu dengan cara membungkuk akan lebih baik jika didahului dengan sikap awal berdiri secara tegak kemudian salah satu lutut ditekuk serta pertahankanlah punggung anda agar tetap lurus kemudian secara perlahan lenturkanlah punggung ke arah depan. Lakukan dengan hati-hati ketika berdiri. Hal ini bertujuan agar nyeri dan sakit di pinggang tidak semakin parah.
  • Bila perlu ikutlah program senam hamil di rumah sakit terdekat di kota anda. Biasanya di beberapa rumah sakit menyediakan program khusus senam untuk ibu hamil.
Sakit pinggang saat hamil muda hampir pasti dialami oleh ibu. Yang terpenting adalah anda nikmati setiap proses yang ada. Karena janin dari hari ke hari akan mengalami perkembangan otomatis tubuh anda juga akan menyesuaikan diri. Nikmati saja proses perubahan yang terjadi. Tidak perlu risau dan khawatir. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter kandungan terdekat di kota anda.

Sumber : sehatsatu.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.