Saturday, August 6, 2016

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ?

Kopi memang sangat menggoda bagi siapa saja meskipun rasanya yang pahit. Selain itu kopi juga merupakan salah satu minuman yang dapat menghilangkan rasa kantuk . oleh sebab itulah kita sering melihat siapa saja yang berusaha menahan kantuk pasti akan minum kopi.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ?
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ?


Akan tetapi apabila anda sedang hamil tentu saja anda ingin tau BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM KOPI ? kopi adalah salah satu minuman sumber kafein. Oleh sebab itu sebaiknya ibu hamil agar membatasi jumlah kafein yang dikonsumsi, sehingga tidak lebih dari 200mg . per hari atau setara dengan dua cangkir kopi instan . Lalu bagaimana efek kafein terhadap ibu hamil ?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa wanita hamil yang mengosumsi kafein 200 mg atau lebih perhari, memiliki dua kali lipat resiko keguguran dibanding mereka yang mengonsumsi kafeein dibawah 200 mg perhari.

Bahkan menurut studi lainnya yang di lakukan di Denmark menemukan bahwa wanita yang minum delapan gelas kopi atau lebih setiap hari maka akan berisiko hingga dua kali lipat bayi lahir meninggal dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi. Penelitian lainya juga menunjukkan bahwa ibu yang mengonsumsi lebih dari 500 mg kafein sehari maka bayinya yang baru lahir akan memili denyut jantung lebih cepat dan tingkat pernapasannya juga lebih cepat dan berat badan lahir rendah, dan hal ini dapat mengakibatkan bayi memili resiko masalah kesehatan di kemudian hari.dan terlalau banyak kafeein juga dapat menyebabkan keguguran .

Jadi berdasarkan keterangan di atas dan juga dari beberapa hasil studi maka kita dapat menyimpulkan bahwa tidak mengapa jika ibu hamil minum kopi , akan tetapi tidak boleh lebih dari 200 mg kafein perhari. Dan lebih baik demi menjaga kesehatan janin dan juga agar ibu hamil tidak merasa gelisah dan menyebabkan insomnia sebaiknya tidak mengonsumsi kopi sebagai rutinitas. Selain itu kopi dan teh juga mengandung senyawa yang disebut fenol yang membuat tubuh sulit untuk menyerap zat besi. Sedangkan kebanyakan wanita hamil pada umumnya sangat memerlukan zat besi. Jadi yang harus anda ingat bahwa kopi dan teh sama – sama mengandung kafein .

Berikut kami paparkan beberapa makanan serta minuman yang mengandung kafein dan kadarnya :

  • ·         Satu cangkir kopi instan: 100mg
  • ·         Satu cangkir kopi filter atau tubruk : 140mg
  • ·         Satu cangkir teh: 75mg
  • ·         Satu kaleng cola: 40mg
  • ·         Satu kaleng minuman energi: hingga 80mg
  • ·         Sebatang coklat polos (50g): hingga 50mg
  • ·         Sebatang coklat susu (50g): hingga 25mg



Terima Kasih anda telah membaca artikel tentang  Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ? Semoga artikel diatas bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.