Monday, August 15, 2016

Inilah Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Inilah Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur - Bayi Prematur yaitu keadaan dimana bayi keluar dari rahim sebelum waktu perkembangan yang seharusnya. Biasanya kehamilan memakan waktu sekitar 40 minggu. Bayi yang dikatakan prematur  jika persalinan terjadi sebelum bayi mencapai usia 37 minggu di dalam rahim sang ibu.

Inilah Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur
Inilah Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur


Pola hidup sang ibu  yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab bayi lahir prematur. Oleh karena itu untuk mencegah bayi lahir prematur sebaiknya ibu hamil mengukuti beberapa tips berikut : 
1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai zat penting seperti asam folat. Hal ini demi memenuhi kebutuhan asupan gizi janin di dalam kandungan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Jaga berat badan

Ibu Hamil harus waspada apabila adanya peningkatan berat badan yang berlebihan, karena apabila terlalu gemuk , bayi didalam perut akan terancam kesehatannya. Oleh karena itu agar berat badan tidak tumbuh terlalu pesat sebaiknya ibu hami melakukan olahraga ringan seperti senam hamil ,yoga dan lain lain.

3. Perbanyak meminum air putih

Air Putih merupakan minuman paling bagus untuk kesehatan tubuh, begitu juga untuk ibu hamil . apabila asupan air putih yang cukup maka dapat membantu bayi dan ibu hamil senantiasa sehat. Hal ini juga dapat membantu agar bayi tumbuh normal. 

4. Jaga pola hidup

Ibu Hamil memang seharusnya menerapkan pola hidup sehat , dan menghindari merokok dan juga alkohol, karena rokok dan alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan bayi dan berisiko bayi lahir secara prematur.

5. Rutin memeriksakan kandungan

Demi mengantisipasi terjadinya hal – hal buruk dan juga untuk memastikan kondisi bayi baik – baik saja di dalam perut. Maka sebaiknya ibu hamil rutin memeriksakan diri ke bidan atau dokter spesialis. 

6. Minum susu ibu hamil

Dengan minum susu ibu hamil , maka dapat memenuhi berbagai zat penting yang bermanfaat untuk bayi dan ibu hamil. Selain itu juga untuk membantu menjaga perkembangan bayi di dalam perut. 

Sebagaimana kita ketahui bersama rokok dan minuman keras memang berbahaya bagi kesehatan. Apalagi untuk ibu hamil , oleh karena itu sebaiknya hindarilah rokok dan minuman keras demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Dan minum air putih yang cukup untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.